logo logo

Bagaimana Cara Berkomunikasi Dengan Para Penderita Disabilitas Dengan Sopan?

Bagaimana Cara Berkomunikasi Dengan Para Penderita Disabilitas Dengan Sopan?

Memiliki kekurangan fisik atau mental merupakan ujian yang berat dalam kehidupan ini. Karena itu, jika anda hidup bersama seorang penderita disabilitas, atau anda harus berurusan dengan mereka saat bekerja, anda harus memperlakukan mereka dengan ekstra hati-hati kompasiana. Meskipun banyak sekali orang-orang yang memiliki tingkat kesabaran tinggi diantara para penyandang disabilitas, sebagian dari mereka mungkin saja adalah orang-orang yang cukup sensitif. Hal ini bisa di sebabkan oleh banyak faktor dalam kehidupan mereka, dan bisa saja kondisi mereka itulah yang menjadikan sebagian penderita disabilitas mudah tersinggung. Oleh karena itu, kami akan berbagi tips dengan anda tentang cara berkomunikasi dengan para penderita disabilitas.

Berikut adalah tips yang dapat anda gunakan:

Sapalah mereka dengan sopan selayaknya anda menyapa orang tanpa disabilitas

Salah satu hal yang paling tidak disukai oleh para penderita disabilitas adalah saat mereka diperlakukan terlalu berbeda dari orang-orang yang lain. Ketika anda berbicara dengan seorang penderita disabilitas dewasa, janganlah anda menggunakan nada suara dan kata-kata yang biasa anda gunakan pada anak-anak. Jika sang penderita disabilitas tersebut hanya memiliki kekurangan fisik, dan kondisi mentalnya baik-baik saja, cara bicara seperti itu bisa menyinggung perasaan mereka. Namun, anda bisa mencoba berbicara dengan cara tersebut dengan sebagian dari para penderita disabilitas yang memiliki kekurangan mental.

Jangan menanyakan tentang penyebab kondisi mereka pada saat anda baru bertemu mereka

Kondisi disabilitas bisa disebabkan oleh berbagai faktor. Ada sebagian orang yang terlahir dengan disabilitas, dan sebagian lainnya disebabkan oleh kecelakaan dan penyakit tertentu. Namun, sebagian penderita disabilitas tidak suka membicarakan penyebab kondisi mereka tersebut. Oleh karena itu, kami menyarankan anda untuk tidak menanyakan tentang penyebab kondisi mereka, kecuali jika anda sudah cukup dekat secara pribadi dengan mereka, atau jika mereka bersedia untuk menjawab pertanyaan anda dengan senang hati.

Cobalah untuk tidak memandangi kekurangan fisik mereka terlalu sering

Untuk menghormati mereka, cobalah untuk tidak menatap bagian tubuh mereka yang memiliki kelainan terlalu lama. Selain tidak sopan, anda juga bisa menyinggung perasaan sebagian dari mereka, terutama bagi para penderita disabilitas yang baru saja menerima kondisi tersebut dalam hidup mereka.

bottom

Comments are closed.

bottom
Share This